WELCOME TO GENETIC BLOG


widgets

Kamis, 27 November 2014

PERBEDAAN IGUANA DENGAN BUNGLON (LONDOK)



Hai sobat Genetic. Kali ini saya akan menerangkan perbedaan antara iguana dan bunglon versi saya sendiri (yang saya tahu saja) hehe,…. ^_^
Pada dasarnya ketika kita melihat bunglon dan iguana (khususnya yg masih baby) secara sekilas sih memang sama. Tetapi  kalau kita cermati secara detail antara iguana dan bunglon sangat berbeda jauh. Oh iya, alasan saya menulis ini karena saat saya cfd bersama temen-temen GENETIC kebanyakkan masyarakat awam mengatakan bahwa iguana itu bunglon. Oleh karena itu di sini saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang perbedaan antara bunglon dan iguana.
Tanpa panjang lebar lagi langsung saja pada intinya
Bunglon :


hidung cenderung lancip (mancung)
kepala Agak kecil
Lingkaran subtympanic shield kecil
Dewlap lebih kecil
Spike hanya disekitar leher/ belakang kepala
Makanan utamanya serangga
Bunglon bisa berubah warna saat merasa terancam atau saat bersembunyi dari predatornya
Tubuhnya lebih kecil dari iguana
Berasal dari indonesia khususnya pulau jawa
Iguana :
hidung cenderung tumpul
Kepala Agak besar
Lingkaran subtympanic shield besar
Dewlap lebih besar
Spike hampir diseluruh punggung iguana ( untuk ukuran masih baby biasanya belum begitu keluar spike nya)
Makanannya sayur-sayuran dan buah-buahan
Iguana tidak bisa berubah warna secara tiba-tiba. Iguana bisa berubah warna ketika ukuran badannya bertambah besar dan panjang.
Cenderung lari saat terancam
terdapat corak atau garis hitam disamping tubuh iguana
Tubuhnya lebih besar dari bunglon bisa mencapai satu meter lebih.
Iguana berasal dari amerika (peru, coloumbia, elsavador)

berikut adalah gambar kepala Iguana dan Bunglon

 IGUANA
















BUNGLON
















Mungkin cukup sekian dari saya CMIIW(Correct me If I’am Wrong) dan terima kasih,….

Hanif_Genetic ^_^

18 komentar:

  1. kalau soal harga coba mas cari di FJB, soalnya harga baby itu bermacam-macam

    BalasHapus
  2. mas mau nanya kmren aku dpat jenis kadal pada malam hari dihutan kalimantan dengan warna hijau bersinar, trus tertangkap oleh saya. pada pagi hari warnanya berubah jadi hitam sampai skrang, nah aku gak tau ini tipe jenis bunglon apa iguana, bingung juga mastikannya. hehe
    mohon bantuannya mas gmna cara pemeliharaan nya dengan baik?
    thx

    BalasHapus
  3. ada fotonya tidak mas? soal e kalau berubah warna hitam biasanya dia stres, bunglon dan iguana kalau stres berubah hitam semua, ciri yang paling kelihatan itu di hidungnya mas mardianto, kalau iguana cenderung tumpul, kalau bunglon cenderung lancip


    maaf slow respon mas

    BalasHapus
  4. Mas tadi saya ketemu sama entah itu iguana atau bunglon,,,tp warna nya bukan hgijau tp agak kecoklatan hidungnya agak tumpul" gitu...

    BalasHapus
  5. bisa kirim fotony nggak mas? biar lebih fix lagi

    BalasHapus
  6. Maaf gan saya dpt bunglon atau iguana saya ngga tau gan warna.a coklat hampir sma tpi beda motif dan kepala.a yg satu lbih panjang yang satu bulat yg menurut agan yg iguana yg mana gan mksh

    BalasHapus
  7. Maaf gan saya dpt bunglon atau iguana saya ngga tau gan warna.a coklat hampir sma tpi beda motif dan kepala.a yg satu lbih panjang yang satu bulat yg menurut agan yg iguana yg mana gan mksh

    BalasHapus
  8. seperti postingan saya diatas itu mas, coba lihat gambar perbedaan antara bunglon dan iguana secara teliti, karena kalau dilihat sekilas hampir sama

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. tidak ada gambarnya mas,... kalau artikel yang saya tulis diatas itu adalah artikel perbedaan iguana dan bunglon

      Hapus
  10. Mas mw tanya,td saya nemu duit terus hrs saya apakan ya??

    BalasHapus
  11. Mas sy mau tanya.. Td saya nemu warna kuning di kali, itu tai apa bukan ya ?

    BalasHapus
  12. Aku nemu hewan sejenis diatas. Aku kira iguana, lalu aku kasih makan buah dan sayur. Dianya gk mau makan sendiri akhirnya aku suapi. 3 hari kemudian, tak kasih liat temanku, katanya itu bunglon, makanannya serangga dan bukan buah+sayur 😭😭😭😭😭 sedih sekali karna salah pahaaaammmm... Merasa bersalah karena selama tiga hari ini tak kasih makan sayur dan buaaahhh... 😭😭😭😭😭

    BalasHapus
  13. Mas saya mo nanya klo haraga baby iguana tembus angka 500 atau lebih itu wajar ga mas

    BalasHapus
  14. Saya punya satu ga tau bunglon atau iguana bisa tolong

    BalasHapus
  15. Cara merawat anak bunglon yang dpt dri alam gimana.???
    Ukuran masih segede klingking org dwasa
    Kasih makannya apa ya???

    BalasHapus
  16. Ada yng minat nggak bunglon kalau Ada HP 081378381554

    BalasHapus